28 July 2023

Seri Konsultasi Publik Nelayan dan Jemput Bola Layanan Perizinan Usaha Ikan Tangkap di Brebes dan Pemalang

Bertepatan dengan Hari Laut Sedunia pada 8 Juni 2023, IOJI bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menyelenggarakan konsultasi publik di dua kabupaten, Brebes dan Pemalang. Konsultasi turut mengundang para nelayan kecil. 

Konsultasi publik tersebut merupakan salah satu tindak lanjut dari penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara IOJI dan pemerintah provinsi (Pemprov) Jateng.

Konsultasi publik di dua kabupaten tersebut bertujuan mendapatkan masukan para nelayan terhadap dua Rancangan Peraturan Gubernur (RaPerGub). 

Pertama, RaPerGub tentang Penyelenggaraan Usaha Kelautan dan Perikanan. Kedua, RaPerGub tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pelaku Usaha Perikanan dan Pergaraman.

Diharapkan melalui proses penyusunan RaPerGub yang inklusif dan parsitipatif, upaya perlindungan dan pemberdayaan nelayan di Jawa Tengah dapat berjalan efektif dan sesuai dengan kebutuhan.

IOJI melanjutkan kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Gubernur (RaPerGub) tentang Penyelenggaraan Usaha Kelautan dan Perikanan dan RaPerGub tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pelaku Usaha Perikanan dan Pergaraman Jumat, 9 Juni 2023 di Pemalang bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah.

Di tengah para nelayan dan petambak garam yang diundang, hadir ibu-ibu pengelola dan pemasar hasil perikanan, yang keterwakilannya sangat penting dalam proses penyusunan kebijakan perlindungan nelayan kecil supaya lebih inklusif dan partisipatif.

Ibu-ibu tersebut menyampaikan beberapa masukan agar upaya pemberdayaan juga ditujukan pada kelompok ibu-ibu yang turut menunjang kegiatan perikanan walaupun tidak melaut dan melakukan penangkapan ikan. 

Di antara masukan penting ibu-ibu tersebut adalah agar pemerintah meningkatkan program bantuan pemasaran produk perikanan yang diolah oleh para nelayan perempuan dan dukungan fasilitasi pendaftaran BPJS dan kartu nelayan. Nantikan seri konsultasi publik di kota berikutnya di Jawa Tengah.

IOJI juga berkesempatan berdiskusi dengan tim Pelayanan Jemput Bola Perizinan Kapal Nelayan (Jebol Ikan) Provinsi Jawa Tengah di Brebes pada  8-9 Juni 2023. Jebol Ikan merupakan salah satu program Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah.

Kepala DPMPTSP Jateng, Sakina Rosellasari, menyatakan Jebol Ikan merupakan salah satu upaya pemerintah Jateng guna memberikan pelayanan publik terbaik bagi nelayan kecil. Dalam pelayanan Jebol Ikan, “nelayan kecil tak perlu ke mana-mana [untuk mengurus segala proses perizinan]. Kami yang akan datang menjemput bola,” kata Sakina.

 

Share: