17 April 2023

IOJI Sampaikan Masukan terhadap RPP Mangrove

Mangrove merupakan bagian dari ekosistem karbon biru. Kelestariannya mesti dijaga dan dipulihkan secara berkelanjutan.

Sebagai tindak lanjut dari seminar dan peluncuran hasil kajian IOJI “Penguatan Blue Carbon Ecosystem Governance di Indonesia” pada Januari 2023, IOJI telah menyampaikan masukan terhadap Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Perlindungan dan Pengelolaan Mangrove (RPP Mangrove). Beberapa isu utama yang disarankan oleh IOJI dalam RPP Mangrove meliputi: 

  1. Penguatan penetapan fungsi ekosistem mangrove dalam tata ruang dan zonasi
  2. Penguatan efektivitas kelembagaan dan peran lembaga di daerah
  3. Pemastian akses masyarakat yang mengelola mangrove secara berkelanjutan
  4. Skema insentif dan disinsentif 
  5. Penguatan mekanisme pemantauan dan penegakan hukum
  6. Mekanisme untuk memanfaatkan dana lingkungan dan sumber pendanaan inovatif
IOJI menyampaikan masukan terhadap Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Perlindungan dan Pengelolaan Mangrove (RPP Mangrove) di Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (16/2).

IOJI dan ICEL dukung Kebijakan FOLU Net Sink 2030 melalui Rapid Regulatory and Institutional Assessment

Untuk mencapai target dan komitmen iklim Indonesia sebagaimana dituangkan dalam Nationally Determined Contribution (NDC) dan Long-Term Strategy on Low Carbon and Climate Resilience (LTS-LCCR) 2030, KLHK menyiapkan kebijakan Forestry and Other Land Use Net Carbon Sink pada 2030. IOJI bersama dengan Indonesian Center for Environmental Law (ICEL), dan KLHK sedang melakukan Rapid Regulatory and Institutional Assessment (RRIA) FOLU Net Sink 2030 untuk mengidentifikasi potensi penguatan aspek hukum, kebijakan, dan tata kelola kelembagaan FOLU Net Sink 2030.